Kamis, 06 Oktober 2016

14 Kelebihan Website Toko Online dibandingkan Social Media

Bisnis online saat ini semakin menarik banyak perhatian oleh para pelaku bisnis. Bukan hanya di kalangan individu saja, beberapa perusahaan kini memiliki metode bertransaksi secara online sebagai salah satu alternatif untuk menyentuh konsumen dari jarak jauh. Segala macam bentuk barang dan jasa dapat dijual melalui online dengan memanfaatkan koneksi internet untuk menghasilkan penghasilan yang menggiurkan.

 


Media sosial umumnya masih menjadi pilihan terfavorit sebagai alat dalam berbisnis online seperti facebook, twitter, Instagram, bahkan melalui BBM. Hal ini disebabkan karena mudahnya melakukan promosi barang jualan melalui media sosial. Selain itu, transaksi langsung dapat dilakukan secara interaktif di media sosial.

Pada dasarnya, bisnis online tidak sepenuhnya dapat dilakukan di media sosial saja. Ada banyak alat yang dapat dipakai sebagai tempat dalam bertransaksi online melalui koneksi internet. Salah satunya adalah menggunakan e-commerce berbasis website.

Jika dibandingkan antara berbisnis online melalui media sosial dengan menggunakan website, ada beberapa kelebihan maupun kekurangan dari masing – masing kedua alat bisnis online ini. Diantaranya:

  1. Bisnis online dengan menggunakan website membutuhkan brand image yang eksklusif. Berbeda dengan menggunakan media sosial yang tidak membutuhkan hal tersebut, sehingga lebih mudah untuk melakukan penjualan.
  2. Pihak media sosial bisa saja mengeluarkan kebijakan untuk tidak boleh berjualan di media sosial, sehingga menyebabkan berakhirnya sistem transaksi jual beli di media sosial yang tentunya sangat merugikan pelaku bisnis. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan bagi pelaku bisnis yang berjualan melalui website 
  3. Adanya jenis media sosial terbaru secara otomatis lambat laun akan menurunkan eksistensi dari media sosial lama yang telah digunakan untuk berbisnis. Hal ini memungkinkan bagi pelaku bisnis untuk beralih ke media sosial yang baru tersebut, karena akan sulit diprediksi sampai kapan media sosial lama yang dipakai akan bertahan eksisensinya.
  4. Jika pelaku bisnis sering melakukan proses promosi melalui media sosial (misalnya dalam bentuk penandaan/tag dalam foto produk, mengiriman direct message secara terus menerus, dll) kepada akun orang lain yang aktif, tidak menutup kemungkinan akun tersebut berpotensi untuk melaporkan akun bisnis anda sebagai report as spam jika mereka tidak bersedia/tidak suka akunnya dijadikan tempat untuk berpromosi.
  5. Menanggapi calon pembeli satu per satu dalam bisnis media sosial juga membutuhkan kesabaran. Tujuannya untuk membuat pengunjung merasa nyaman saat mengunjungi akun bisnis kita. Terlalu lama menanggapi respon dari pengunjung akan menyebabkan berkurangnya minat pengunjung yang bisa saja membatalkan transaksi. Umumnya pengunjung menanyakan seputar detail produk, ongkos kirim, persediaan barang, sehingga mengharuskan akun bisnis kita sesering mungkin untuk selalu diaktifkan.
  6. Bisnis melalui media sosial dapat dibandingkan dengan website berbasis e-commerce dengan berbagai kelebihan serta kemudahan yang dapat dirasakan
  7.  Dengan memiliki website berbasis e-commerce, anda memperoleh nama domain yang sesuai dengan keinginan, serta dapat disesuaikan dengan brand yang anda punya.
  8. Website berbasis e-commerce dapat menerima order 24 jam non stop tanpa harus berada di depan layar.
  9. Sistem pengelolaan yang otomatis. Hal ini memudahkan bagi anda dalam memanage website tanpa menghitung total pembelanjaan dan ongkos kirim karena semua sudah terhitung secara otomatis.
  10. Memberikan kemudahan dalam proses pembayaran. Hal ini dapat dilakukan melalui fasilitas payment gateway yang telah disediakan oleh website.
  11. Pelaku bisnis dapat menyesuaikan desain website dengan tampilan yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan dalam website tersebut.
  12. Dengan memiliki website dengan nama domain sendiri meningkatkan kepercayaan pelanggan online yang akan membeli produk.
  13. Pelanggan online tidak merasa ragu dalam melakukan transaksi di website. Hal ini disebabkan karena pelaku bisnis memiliki website dengan menggunakan nama domain sendiri sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap website tersebut.
  14. Website berbasis e-commerce merupakan tempat yang sangat tepat dan mudah digunakan untuk melakukan aktifitas brand image secara eksklusif.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar